Wacana Mobil Nuklir disela ramai jenis Hybrid dan Listrik

Wacana Mobil Nuklir disela ramai jenis Hybrid dan Listrik

Wacana Mobil Nuklir disela ramai jenis Hybrid dan Listrik masih menjadi wacana dunia, dimana industri otomotif dunia sangat menginginkan perkembangan lebih luas lagi dengan penciptaan Kendaraan dengan jenis Bahan Bakar Nuklir

Kata nuklir, tak sedikit orang beranggapan itu adalah senjata mematikan. Anggapan sebagai senjata mematikan sangat beralasan efek dari nuklir yang digunakan untuk menghancurkan dua kota di Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Tenaga nuklir masih menjadi isu kontroversial di dunia.

Apakah bisa sebuah tenaga nuklir dijadikan sumber untuk kendaraan di Indonesia? 


Update Berita


Mantan Kepala Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) Djarot Sulistio Wisnubroto tidak menampik bila nuklir digunakan pada kendaraan bukanlah suatu hal yang mustahil.

“Secara teoritis memungkinkan, nuklir menghasilkan energi dan hal itu sudah dipraktikkan,” buka Djarot kepada detikOto di Gedung Batan, Tangerang, Banten. ( https://oto.detik.com/mobil/d-4454412/satu-langkah-lagi-nuklir-bisa-masuk-ke-ranah-otomotif )

Bicara keuntungan, kata Djarot, setidaknya ada dua hal yang didapat dari kendaraan yang menggunakan reaktor nuklir, yakni menghasilkan emisi gas buang yang hampir nol dan tenaga yang dihasilkan dari reaksi nuklir sangat besar.

Beberapa pelaku industri otomotif dunia yang telah mengembangkan riset ini diantaranya adalah (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180903200122-384-327310/4-konsep-mobil-bertenaga-nuklir-yang-tak-pernah-diproduksi ) :

  1. ARBEL SYMETRIC (1950) – Produsen mobil bernama Compagnie Normande d’Etudes pour l’Application de Procédés Mécaniques atau disapa Arbel sempat memamerkan mobil bertenaga nuklir pada tahun 1950-an di Prancis.Dijuluki Symetric karena mobil ini mengandalkan generator panas nuklir bertenaga 40 kW (53 tenaga kuda) yang disebut genestatom yang dipadupadankan dengan motor listrik.
  2. FORD NUCLEON – Konsep mobil nuklir dari Ford, yaitu Nucleon merupakan kendaraan bertenaga nuklir yang paling terkenal, walau tidak pernah masuk jalur produksi dan hanya dibuat dalam model skala 3:8.
  3. SIMCA FULGUR (1958) – Prancis sepertinya memiliki ketertarikan khusus untuk membuat mobil bertenaga nuklir. Pada saat yang hampir bersamaan dengan kemunculan Symetric dan Nucleon di Geneva Auto Show 1958, Simca Fulgur ikut mencuri perhatian orang-orang
  4. STUDEBAKER PACKARD ASTRAL (1958) – Dari seluruh konsep mobil nuklir, Studebaker Packard Astral bisa dikatakan sebagai konsep mobil nuklir paling ‘gila’. Jika direalisasikan, mobil ini bisa berdiri dengan satu ban dengan teknologi giroskop. Studebaker pertama kali ditampilkan pada South Bend Art Centre pada tahun 1958 sebagai kendaraan yang dideskripsikan penciptanya sebagai “mesin ikonik”. Untuk melindungi penumpang dari radiasi mesin nuklir, rencananya akan menggunakan penutup yang didesain dengan material khusus.

Industri Otomotif memang masih panjang untuk berkembang lebih luas lagi, dan tentunya, perkembangan ini akan mendongkrak pertumbuhan juga bagi industri Asuransi Kendaraan Bermotor di seluruh dunia.

Untuk Informasi labih lanjut

Jika anda masih bingung dan perlu bantuan, silahkan menghubungi petugas kami untuk mendapatkan pendampingan dan bimbingan terkait dengan Asuransi.

Atau Kunjungi MarketPlace kami di : https://carakamulia.net/

Share The Knowledge!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share