Sambaran Petir merupakan penyebab kebakaran terbanyak di musim hujan

Sambaran Petir merupakan penyebab kebakaran terbanyak di musim hujan

Sambaran Petir merupakan penyebab kebakaran terbanyak di musim hujan

Musim hujan telah tiba. Durasi Musim di Indonesia, yang hanya memiliki 2 Musim, yaitu Musim panas dan musim Hujan, dengan durasi periode Oktober 2018 sampai nanti kira-kira berakhir di awal mei 2019.  Sesuai dengan Berita yang dimuat oleh BMKG pada lansiran Berita pada situsnya. 

Berdasarkan hal itu selain dari akan adanya risiko angin, badai, curah hujan yang tinggi yang akan menyebabkan Banjir atau tergenangnya air di beberapa tempat di Indonesia pada umumnya, dan Kota Besar pada khususnya, juga tidak mustahil terjadinya Kebakaran oleh hal-hal yang disebabkan Sambaran Petir.


Update Berita


Sambaran Petir merupakan penyebab kebakaran terbanyak di musim hujan

Petir juga kita kenal sebagai halilintar atau kilat. Petir merupakan sebuah gejala alam yang biasa terjadi dimanapun ketika musim hujan merupakan simbol dari listrik alam. Selain kilatan cahaya yang menegangkan dan suara menggelegar, nyatanya petir juga dapat memberikan dampak  seperti seseorang meninggal karena tersambar petir, kerusakan barang-barang karena tersambar petir, bahkan rumah terbakar karena sambaran petir tersebut.

Beberapa efek dari sambaran petir antara lain sebagai berikut:

  1. Efek Listrik
    Petir dapat menimbulkan efek listrik untuk manusia. Ketika arus petir melalui kabel penyalur (konduktor) menuju resistansi elektroda bumi instalasi penangkal petir, akan menimbulkan tegangan jatuh resistif. Arus petir juga akan menimbulkan tegangan yang tinggi disekitar elektroda bumi yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup.
  2. Efek Tegangan Tembus – Samping
    Titik sambaran petir pada sistem proteksi petir bisa memiliki tegangan yang lebih tinggi terhadap unsur logam didekatnya, sehingga hal ini dapat menimbulkan resiko tegangan tembus dari sistem proteksi petir yang telah terpasang menuju struktur logam lainnya. Efek tegangan tembus ini dapat menyebabkan resiko yang sangat berbahaya bagi isi dan juga kerangka struktur perangkat bangunan.
  3. Efek Thermal
    Sambaran petir juga menyebabkan efek thermal. Efek thermal pelepasan muatan petir terbatas pada kenaikan temperatur konduktor yang dilalui arus petir yang besar, waktunya sangat singkat dan pengaruhnya pada sistem proteksi petir juga diabaikan.
  4. Nah, itulah beberapa efek yang dapat ditimbulkan dari sambaran petir. Efek- efek tersebut memberikan dampak yahg tidak baik bagi makhluk hidup yang ada di Bumi. Selain efek- efek yang ditimbulkan di atas, masih ada dampak langsung yang dapat dirasakan manusia. Beberapa dampak sambaran petir yang dapat dirasakan antara lain sebagai berikut:
    1. Menimbulkan konsleting listrik
    1. Menimbulkan kebakaran
    1. Mengganggu sistem komunikasi

Sumber :  https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/petir

Korsleting Listrik pastinya akan menyebakan terjadinya kebakaran, baik sebagian atau sampai memusnahkan seluruh rumah atau bangunan kita. Jadi sebaiknya lengkapi Rumah dan bangunan kantor dan pabrik serta lainnya dengan alat penangkal petir yang minimal mencukupi kapasitasnya sesuai dengan perda pada masing-masing kota, dan akan lebih baik jika lebih baik dari kapasitas standarnya. Juga jangan lupa periksa tanaman di sekitar jangan ada yang tinggi, agar tidak menjadi arah target sambaran petir saat terjadinya hujan yang disertai petir.

Apakah Kebakaran Petir dijamin dalam Polis Asuransi Kebakaran atau Property All Risks ? silahkan ikuti berita selanjutnya ya.

Informasi dan konsultasi lebih lanjut, bisa di dapatkan gratis dengan menggunakan fasilitas WhatsApp kami.

Selamat beraktifivitas !

Share The Knowledge!
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares