Mengapa Pelatihan Asuransi sangat penting bagi pemegang polis ?

Mengapa Pelatihan Asuransi sangat penting bagi pemegang polis ?

Pentingnya pengetahuan mengenai Asuransi melewati Pelatihan Asuransi. 

Asuransi sebagai salah satu di antara pemberi kontribusi dukungan untuk pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan melewati pool fund investasi yang berguna untuk pembangunan nasional, Asuransi pun secara lebih focus mentargetkan adanya pemulihan untuk seluruh masyarakat ketika terjadinya musibah atau kerugian dari berbagai sebab-sebab yang tidak tentu dan tidak terpikirkanterjadi dikemudian hari, contoh : kecelakaan, kerusuhan, bencana alam, banjir, atau karena lainnya yang dapat dipulihkan dengan memanfaatkan polis Asuransi, baik untuk masyarakat pribadi, retail, small medium enterprise, bahkan yang sangat utama ialah industry-industri yang berskala besar.

Kelangsungan kehidupan suatu satu keluarga, atau suatu rantai usaha, menjadi lebih baik andai terjamin dengan adanya perencanaan-perencanaan yang terpadu dengan adanya pengalihan risiko kepada Polis Asuransi.

EDUKASI ASURANSI, dengan pelatihan-pelatihan ilmu Asuransi, pastinya sangat penting dan urgen dilakukan, sebab produk Asuransi tersebut adalah:

  1. Produk Kontrak Perjanjian, antara Penyedia Jaminan, antara Perusahaan Asuransi, dengan Pihak Pemegang Polis.
  2. Edukasi mengenai Asuransi, pastinya memuat Bahasa hukum dalam kontrak, ketentuan-ketentuan, kriteria, kewajiban dan hak yang melekat dalam suatu kontrak perjanjian, demi kejelasan maksud diantara kedua pihak yang mengadakan kontrak perjanjian untuk mengetahui sepenuhnya demi menghindari terjadinya sengketa klaim ganti rugi asuransi dikemudian hari.
  3. Produk Asuransi, adalah Produk intangible, invisible, produk yang tidak dapat dilihat langsung atau diterima langsung manfaatnya, bertolak belakang dengan produk berwujud, yang dapat dilihat, disentuh, dites dan sebagainya. Produk asuransi wajib mengikat hal yang tidak berwujud dalam suatu kontrak perjanjian sebagai garansi manfaatnya akan dapat diterima dikemudian hari.

Itulah mengapa pendidikan tentang Asuransi paling penting, di samping sebagai pemanfaatannya, tapi pun sebagai ilmu pengetahuan yang dibutuhkan demi menambah pertumbuhan pengetahuan mengenai Asuransi di masyarakat luas, dan membuat terciptanya kesadaran berasuransi, guna kelangsungan hidup melewati terjaminnya kelangsungan pembangunan dan perkembangan ekonomi nasional.

Didalam peraturan perundang-undangan Pemerintah Republik Indonesia, semua pihak praktisi didalam industry asuransi memiliki keharusan penuh untuk menyerahkan pemahaman mengenai asuransi, seperti pada UU No. 40 RI tahun 2014 :
Pasal 31
(1) Agen Asuransi, Pialang Asuransi, Pialang Reasuransi dan Perusahaan Perasuransian wajib merealisasikan segenap keahlian, perhatian dan ketelitian dalam melayani atau bertransaksi dengan pemegang polis, tertanggung atau peserta.
(2) Agen Asuransi, Pialang Asuransi, PialanG Reasuransi dan Perusahaan Perasuransian wajib menyerahkan informasi yang benar, tidak palsu, dan/atau tidak menyesatkan untuk pemegang polis, tertanggung atau peserta tentang risiko, manfaat, kewajiban dan pembebanan ongkos bersangkutan dengan produk asuransi atau produk asuransi syariah yang ditawarkan

Beberapa Pialang Asuransi seringkali menyediakan Pelatihan Asuransi guna memenuhi kewajiban dalam undang-undang dan merupakan keperluan seluruh masyarakat Indonesia.

Share The Knowledge!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •