Memilih Mobil Terbang Impian

Memilih Mobil Terbang Impian

Ramainya Industri Otomotif sejak Tahun lalu terkait dengan Inovasi industri otomotif yaitu rencana penciptaan Mobil terbang.

Malaysia bahkan baru baru ini menjadi perbincangan dalam berita otomotif yang siap melakukan produksi Mobil terbang. Bagaimana dengan Indonesia ?

Mobil terbang yang saat ini ramai diberitakan bisa kita lihat-lihat dari 10 jenis yang sudah beredar di berita. Mari kita Cek !


Update Berita


1. Aeromobil 4.0
Mobil terbang pertama di dunia siap mengudara pada tahun 2020. 4 versi berbeda diperkenalkan pada tahun 1990. Versi 4.0 dipamerkan pada Frankfurt Motor Show yang dengan membawa beberapa perubahan yang membuatnya semakin sempurna. Buatan Slovakia, mesin 4 silinder turbocharged 2.0 Liter, memiliki sayap yang bisa dibuka tutup, ada sabuk pengaman dengan teknologi pyrotecnic, airbag ganda, dan parasut darurat.

2. Terrafugia TF-X
Mobil ini memiliki sayap yang bisa ditekuk, sehingga bisa dipakai di jalan raya dan di udara. Dirancang dengan energi listrik yang dipadukan dengan mesin berkuatan 300 horsepower berbahan bakar bensin, memiliki kecepatan mencapai 321 km/jam untuk jarak sejauh 800 km. Terrafugia TF-X mobil terbang super memiliki kecepatan layaknya supercar buatan Lamborghini, Buggati, dll.

3. PAL-V Liberty
PAL-V Liberty mobil terbang buatan perusahaan asal Belanda bernama PAL-V (Personal Air and Land Vehicle). Dipasarkan sekitar harga USD$599 Ribu atau setara Rp. 7.9 Miliar. Menggunakan baling-baling layaknya helikopter dengan daya jelajah mencapai 400-500 km hingga ketinggian 3.500 meter. Mesinnya bisa mengeluarkan tenaga mencapai 100 Horsepower dan bisa digunakan di jalan raya dengan kecepatan maksimum mencapai 170 km/jam.

4. Switchblade
Samsons Motors (Amerika Serikat) menawarkan mobil terbang bernama Switchblade, mobil 2 penumpang menggunakan baling-baling di bagian belakang dan memiliki sayap yang bisa dilipat saat berjalan di jalam raya. Mesinnya menggunakan mesin Samson 1.6 Liter V6 dengan sistem pendingin Liquid Cooled dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 190 Horsepower. Memiliki kecepatan mencapai 305 km/jam dan dijual seharga sekitar USD$120.000 atau setara Rp. 1.6 Miliar.


5. Uber Flying Car
Pada gelaran CES (Consumer Electronic Show) 2018. Uber mensajikan Mobil terbang, Mobil yang dikembangkan Uber bersamaan dengan perusahaan helikopter, Bell Hilicopter. Tidak bisa digunakan di jalan raya, karena akan terbang layaknya helikopter. Tidak menutup kemungkinan mobil ini akan menjadi taksi terbang UBER yang kabarnya mulai beroperasi mulai 2020.

6. Zee Aero dan Kitty Hawk
Pendiri Google, Larry Page telah berinvestasi di dua startup bernama, Zee.Aero dan Kitty Hawk untuk mengembangkan mobil masa depan. Larry Page telah mengucurkan dana hingga 1.3 Triliun. Untuk saat ini belum ada wujud aslinya, karena masih sebatas konsep. Namun hadirnya Larry Page sebagai investor, tentu akan membuat mobil terbang Zee.Aero dan Kitty Hawk menjadi kenyataan.


7. DeLorean
DeLorean Aerospace mengembangkan mobil terbang 2 penumpang dioperasikan secara elektrik untuk menempuh jarak hingga 193 Km. Memiliki 2 pasang sayap yang berada di bagian depan dan belakang. Tersedia pula 2 kipas agar bisa terbang dan melaju. Panjang 6 meter dan lebarnya mencapai 5.6 Meter. Sayapnya bisa dilipat, sehingga nantinya bisa dimasukan ke dalam garasi layaknya Aeromobil 4.0 dan Terrafugia TF-X

8. Vahana
Vahana dikembangkan oleh Airbus. Mobil ini memadukan antara mobil dengan helikopter. Walaupun masih sebatas konsep, namun Vahana akan menggunakan teknologi otonom dan artifial interlligence, sehingga bisa berjalan secara otomatis. Mobil ini akan menjadi sarana transportasi masa depan dengan skema car-sharing seperti Uber atau Grab.

9. Toyota Skydrive
Toyota telah memutuskan untuk membiayai proyek mobil canggih bernama Skydrive. Toyota telah berinvestasi hingga 40 Juta Yen atau setara Rp. 4.6 Miliar ke Grup Cartivator yang merupakan pengembang mobil terbang. Nantinya kendaran ini akan memiliki kecepatan maksimum mencapai 100 km/jam dan bisa terbang hingga ketinggian 10 meter. Skydrive menggunakan teknologi Drone dan dilengkapi tiga roda serta empat rotor.

10. Cormorant
Perusahaan teknologi asal Israel, Urban Aeronautics sedang mengembangkan mobil Cormorant. Kabarnya mobil ini memiliki berat kosong mencapai 1.5 Ton dan bisa mengangkut beban hingga 500 kg. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya mencapai 185 km/jam. Teknologi yang dipakainya sangat canggih, jadi wajar apabila harga mobil ini mencapai USD$14 Juta ata setara Rp. 186.5 Miliar. Fantastis

Sumber : https://www.otomotifo.com/mobil-terbang-terbaru/#1_Aeromobil_40

Nah menarik bukan ? Jika memang Mobil Terbang sudah masuk ke Indonesia, banyak sekali yang harus disesuaikan. Seperti Air Traffic, polisi yang bertugas utk mengatur lalu lintas mobil terbang, ketentuan dan undang-undang yang mengatur ini, termasuk Asuransi Kendaraannya ( #asuransi_kendaraan )

Share The Knowledge!
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares