Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten

Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten

Banten provinsi paling barat Pulau Jawa, semakin menjadi sorotan populer dengan adanya beragam destinasi wisata baru yang gencar diciptakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Banten. Mulai dari Kotamadya Tangerang yang menciptakan destinasi wisata domestik berupa beragam taman, seperti Taman Potret, Taman Kelinci, Taman Laksa, Taman Bambu, Taman Gajah, Kampung Bekelir, Taman Burung, Taman Pramuka, Tanjung Kait, Tanjung Pasir, Penangkaran Buaya masih banyak lagi taman lainnya, dan terakhir yang baru Launching adalah taman Markisa di daerah Pasar Baru dengan Rs. Hermina.

Lanjut ke arah barat yang pernah ditulis dalam berita Caraka mulia, juga tentang Tebing Koja, dan sekitar Daerah Tiga Raksa ada Lokasi Wisata Mini seperti Dunia Fantasi yang bernama 7 Worlds of Wonder dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan Dufan Ancol, atau Ada juga Desa Adat Baduy dan masih banyak lagi ke arah banten yang merupakan peninggalan bersejarah pemerintahan belanda seperti Benteng Speelwijk, Benteng Penghormatan Untuk Jendral Hindia Belanda dan semua itu masih asri dan terawat secara alami.


Update Berita


Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten

Mengapa Banten menjadi Populer ? Karena Dekat dengan Jakarta, Selain Bandung yang sudah sangat ramai, masyarakat akhinya melakukan eksplorasi ke ranah lainnya yang memiliki potensi wisata serta memiliki unsur edukasi budaya dengan melihat bukti sejarah perjuangan Para pahlawan Indonesia dimasa lalu.

Kali ini, informasi yang diberikan adalah tentang Wisata Pulau tiga Banten, yaitu Pulau yang awalnya disebut pulau Mojan Besar. Namun warga sekitar lebih akrab menyebutnya dengan pulau Tiga karena di dekat pulau ini terdapat dua pulau lainnya yang dinamai dengan pulau Empat dan Lima. Pulau Mojan Besar terletak di wilayah selat Sunda, letaknya termasuk ke dalam kawasan administratif Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Pulau ini merupakan pulau yang terjauh dari pesisir Provinsi Banten dibandingkan dengan ke dua pulau lainnya yaitu pulau empat dan pulau lima.

Menuju kesana, bisa dilakukan dengan kendaraan Pribadi atau umum, Kalau Kendaraan Pribadi, Dari Tol Jakarta Serang, kita keluar di Serang Barat lalu ke arah Jl. Ayip Usman dan Jl. Raya Banten ke Jl. Pelelangan Ikan Karangantu, Banten, Sepanjang perjalanan menuju dermaga, mata akan disuguhkan oleh hijaunya persawahan, beberapa peninggalan Kerajaan Banten Lama, dan diakhiri dengan perahu-perahu yang bersandar di dermaga. Dari perahu-perahu ini, lanjutkan perjalanan menuju Kantor Dermaga yang berada sebelum Gerbang ‘Tempat Pelelangan Ikan’. Berada di kiri jalan, dengan plang berjudul ‘Kantor/Dermaga‘.

Setiba di sana, kita parkir dilokasi parkir tersedia dan perlu menyewa Kapal Motor Kecil, asal pandai menawar, bisa saja satu rombongan menyewa 1 kapal motor seharga Rp. 500.000,- dari awal diantar sampai selesai. Atau Sewa perorangan sekali jalan dan nanti pulang lagi bayar tarif perorangan. Kemudian kita akan berlayar menyeberang dari dermaga menuju pulau tiga.

Kami menuju Pulau tiga dengan Kapal Motor tersebut, dimana lautnya cukup jernih dan sebenarnya merupakan obyek lokasi memancing yang bagus, terlebih pada malam hari dengan menginap di kapal saat memancing di malam hari. Perjalanan dengan perahu kecil selama 45 menit menghantarkan kami berdelapan ke Pulau Tiga. Kebanyakam orang pergi ke sana untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Sekedar duduk-duduk santai di saung sambil menikmati laut dan bersantai adalah kegiatan yang paling direkomendasikan di pulau ini.

Sesampaikanya di Lokasi Pulau tiga kita merapat ke dermaga kecil yang dari jauh sudah terlihat pemandangan disana sebuah pulau kecil dengan saung-saung dan peralatan bermain tersedia disana, Ada juga fasilitas kano, perahu karet, dan banana boat, serta penginapan sederhana. Karang tajam yang mengitari pulau membuat tempat ini tidak disarankan untuk snorkeling.

Pastinya setiba disana kita pasti haus, dan disana tersedia kelapa muda, dan kita bisa membeli kelapa muda disana, atau kita perlu membawa perbekalan sendiri. Setiba disana kita bisa menyewa Saung-saung untuk beristirahat dan menyiapkan makan siang bersama, seperti biasa kita melakukan bakar ikan dan seafood lainnya. Oh iya, jika tidak sabar menunggu hasil memancing, ikan dan seafood mentah bisa dibeli saat kita tiba di dermaga pelelangan ikan di karang hantu tadi sebelum berlayar ke pulau tiga. Akan tetapi biasanya di pulau pun ada penjual penjual ikan, udang, cumi bahkan gurita mentah, yang bisa kita bakar bersama untuk makan siang. Dan kadang, semua itu masih fresh, seperti yang kita beli gurita masih bergerak saat di taruh dipanggangan.

hanya saja kita perlu bawa bekal nasi dan bumbu dari rumah serta sambal dan lainnya seperti kerupuk, minum, es batu dll. Pulau Tiga atau Mojan Besar ini lebih cocok untuk tempat bersantai bersama keluarga atau teman-teman terdekat karena pulau ini banyak dikelilingi oleh karang-karang tajam, sehingga tidak disarankan untuk berenang disekitar pantai. 

Berikut foto-foto yang bisa dilihat dari wisata yang sudah pernah dilakukan :

Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten
Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten
Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten
Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten

Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten

Demikian info perjalanan minggu ini Leisure : Wisata Pulau Tiga Banten, jangan lupa ya selalu konsultasikan perlindungan perjalanan anda, baik untuk kendaraan, transportasi dan Asuransi perjalanan anda kepada kami. Apalagi jika perjalanan wisata anda akan menggunakan kendaraan pribadi atau alat transportasi.

 

Share The Knowledge!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •