Kiat Mengagumkan Meraih Prestasi

Kiat Mengagumkan Meraih Prestasi

Edisi Hari Kartini

Anita Nursanti,
Kepala Cabang Makassar PT. Caraka Mulia Insurance Brokers & Consultants

Meraih predikat TOP Branch Caraka Mulia 2017 untuk Kantor Cabang Makassar, tentunya sangat membanggakan bagi wanita kelahiran Boepinang (Sulawesi Tenggara) tahun 1983 ini.

Wanita yang berdarah Bugis Bone dan bersuamikan pria berdarah Jawa ini memulai karirnya di PT.Caraka Mulia pada 01 Februari 2010 melalui proses rekrutmen yang dilakukan langsung di Makasar oleh Bapak Miko S. Poetro. Anita akhirnya terpilih dari beberapa kandidat yang ada, padahal Anita tidak memiliki pengalaman di industri Asuransi sama sekali. Menurut Pak Miko yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama, Anita terpilih karena terlihat potensi yang dimilikinya, semangat luar biasa serta kemauannya untuk belajar dan bergaul luas, menjadikan ia diterima sebagai karyawati Caraka dengan amanah mengembangkan dan mengelola Kantor Cabang Caraka Mulia Makassar. Masih terngiang 1 pesan di hari terakhir kunjungan Pak Miko saat itu sebelum kembali ke Jakarta yaitu “Selamat Berjuang ya, Nit, semoga berhasil!”

Berbekal pengalaman sebagai Asisten Dosen, bisa jadi merupakan cikal bakal dari jiwa kepemimpinan yang memang sudah ia miliki sebelumnya, mengemban amanah untuk mengembangkan kegiatan usaha PT. Caraka Mulia untuk Makassar dan meluas ke area Indonesia Timur lainnya, yang saat awal tersebut hanya dibekali perangkat kerja seadanya dan hanya diperkenalkan kepada beberapa pimpinan Bank Mandiri setempat.

Kepercayaan dari Direksi PT. Caraka Mulia, dia anggap sebagai amanah yang harus ia jalankan dengan ikhlas, ia tidak hanya bekerja keras & pantang menyerah tetapi juga memiliki semangat belajar secepat mungkin. Pekerjaan-pekerjaan yang ia kelola mulai dari pekerjaan administrasi , survey ke lokasi pertanggungan dan membuat laporan survey, distribusi polis, proses keuangan, marketing (kunjungan bisnis ke Tertanggung, menjelaskan produk-produk asuransi, nego premi asuransi dengan Tertanggung dll), klaim (survey ke lokasi terjadinya klaim, menyiapkan dokumen2 klaim, melakukan komunikasi yg intens dengan Tertanggung, dengan pihak Asuransi, dengan Adjuster (jika perlu ditangani Adjuster) sampai dengan selesainya proses klaim.

Team Caraka Mulia Cab Makassar
Team Caraka Mulia Cab Makassar

Dibawah pengelolaannya, Caraka Mulia Kantor Cabang Makassar berkembang sangat pesat tidak hanya dengan penambahan tim kerja di kantor cabang ini, tapi juga terwujud dengan pencapaian prestasi yang mengagumkan. Sejak tahun 2014, setiap tahun Direksi Caraka membuat program pencapaian terbaik dari 6 cabang yang ada yaitu Medan, Batam, Lampung, Makassar, Bandung dan Surabaya dan sejak tahun 2014 sampai 2017 Cabang Makassar terus menerus setiap tahun menjadi Top Branch Caraka Mulia (Cabang dengan pendapatan brokerage tertinggi) dibandingkan seluruh Kantor Cabang yang dimiliki. Ini tentunya merupakan prestasi yang sangat gemilang dan membanggakan bagi dirinya dan seluruh management Caraka Mulia, seperti jawaban yang sempat ditanyakan kepadanya :

Tentunya senang dan bangga karena kerja keras yang dilakukan selama ini diapresiasi oleh kantor pusat dan banyak pihak, tak lupa bersyukur kepada Allah SWT atas kemudahan-kemudahan yang diberikan olehNya karena sesungguhnya bukan saya yang hebat tetapi Allah yang memudahkan segala urusan dan aktivitas saya.

Ternyata, wanita kelulusan Universitas Hasanuddin, Jurusan Akuntansi ini, memiliki kiat-kiat dalam melakukan pekerjaannya yang sungguh sederhana akan tetapi memberikan nyawa kehidupan bagi semangat kerja dalam dirinya untuk memberikan hasil kinerja yang sangat baik, seperti yang ia sampaikan saat kami wawancara, yaitu :

Tidak ada kiat-kiat khusus karena yang saya lakukan adalah sama dengan yang dilakukan oleh orang yang bekerja pada umumnya. Saya hanya berusaha dan berdoa
Berusaha dalam arti saya melakukan pekerjaan dengan ikhlas dan penuh semangat sehingga pekerjaan tersebut tidak menjadi beban.
Rajin mengupdate ilmu pengetahuan (knowledge) biar tidak ketinggalan dengan perkembangan yang ada dan agar bisa berkomunikasi yang baik dengan Klien karena pekerjaan saya mengharuskan untuk berinteraksi dengan Klien lama dan baru yang rata2 orang-orang hebat di bidangnya.
Berdoa maksudnya saya terbiasa memulai segala aktivitas dengan doa karena saya percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di bumi ini adalah kehendak dariNya.

Pencapaian hasil kerja yang mengagumkan ini tentunya ia raih dengan tidak mudah, apalagi dengan waktu yang sangat singkat, banyak sekali hambatan yang ia temui dalam perjalanan karirnya di industri asuransi, seperti misalnya :

  1. Hambatan dari Perusahaan Asuransi, maksudnya kinerja yang buruk dan tidak amanah misalnya proses administrasi yang lama dalam penerbitan polis dan cover note belum lagi jika mereka susah dihubungi dan yang paling penting adalah penanganan klaim yang lambat sehingga menyulitkan kami yang setiap hari berurusan dengan klien (Tertanggung).
  2. Hambatan dari Masyarakat, maksudnya masyarakat Indonesia (Indonesia Timur khususnya) masih belum paham tentang asuransi, mereka cenderung menghindari dan menganggap asuransi sebagai musuh yang harus dijauhi, mereka menggunakan asuransi hanya bila ada kepentingan misalnya mereka berasuransi karena hal tersebut merupakan syarat mutlak dari Bank jika mereka akan mengambil kredit.
  3. Hambatan dari Pemerintah, maksudnya regulasi yang dibuat pemerintah dewasa ini cukup menyulitkan kondisi broker di lapangan, misalnya dari sisi Broker/Pialang asuransi dimana Regulator membolehkan diskon untuk Tertanggung dari plafond pendapatan Broker, dimana diskon tersebut seharusnya diperuntukkan bagi Broker / Pialang asuransi akan tetapi harus diberikan sebagian dari pendapatan itu sebagai fasilitas diskon kepada pemegang polis . Hal ini tentu saja membuat pendapatan Broker berkurang.

Hambatan-hambatan tersebut, dihadapinya dengan penuh semangat dalam menciptakan solusi-solusi dengan mempelajari semua perkembangan industri dalam penerapan aplikasi kebijakan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Anita Nursanti yang juga seorang Ibu yang memiliki 3 Anak, yaitu 2 Putri dan 1 Putra ini, selain harus membagi waktu untuk keluarga juga selalu memiliki harapan kerja yang positif bagi perkembangan industri asuransi pada umumnya, seperti yang ia sampaikan yaitu,

Pertama, Harapan untuk Industri Asuransi,

• Semoga industri asuransi bisa berkembang dengan baik, masalah-masalah yang ada selama ini bisa diselesaikan dengan baik sehingga industri asuransi bisa memberikan manfaat atau kontribusi bagi masyarakat luas.
• Semoga ke depannya ada sosialisasi tentang perasuransian ataupun jalur pendidikan baik formal dan non formal sehingga masyarakat luas bisa mengenal dan paham tentang asuransi.
• Semoga pula perusahaan asuransi terus membenahi diri dan memperbaiki kualitas pelayanannya agar stigma negatif masyarakat selama ini bisa dihilangkan.

Kedua, Harapan untuk Caraka Mulia,

Bahwa Kami petugas gugus depan Caraka Mulia yang berhubungan langsung dengan Klien, khususnya untuk kantor cabang Makassar sangat membutuhkan training, sharing knowledge dll tentang perasuransian karena hal tersebut masih sulit didapatkan di daerah, dibandingkan di Jakarta. Hal ini sangat penting karena sebagai “konsultan”, insan-insan Caraka Mulia senantiasa harus mampu memutakhirkan keahlian tentang segala hal yang terkait dengan asuransi. Aktivitas saat ini akhirnya lebih banyak kepada aktivitas pembelajaran asuransi secara learning by doing dan komunikasi jarak jauh dengan kantor pusat.

Adapun terkait dengan Pencapaian predikat sebagai Top Branch yang selama ini diperoleh, semoga kantor pusat dapat terus memberikan “reward” sehingga dapat memotivasi kami di Cabang agar lebih bersemangat untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Ketiga, Harapan untuk masyarakat Indonesia,

Harapan terbesarnya adalah Masyarakat Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa Asuransi adalah teman dan pelindung masa depan untuk kita semua, sesuai slogan

“Tidak ada orang bangkrut karena Asuransi tetapi banyak orang bangkrut karena tidak memiliki asuransi.”

Karena Asuransi memberikan manfaaat secara langsung bagi rasa aman masyarakat dalam menghadapi beragam situasi, dan tentunya manfaat ini akan sangat terasa pada saat terjadi klaim, dimana masyarakat akan memperoleh penggantian yang wajar untuk melakukan pemulihan, baik untuk asset pribadinya dan juga usahanya sehingga bisa berjalan kembali. Tentunya semua manfaat yang diterima oleh masyarakat akan memberikan kontribusi jaminan bagi pembangunan Nasional Masyarakat Indonesia secara menyeluruh, baik untuk risiko-risiko musibah domestik atau katastropik lainnya terutama yang mungkin terjadi secara kolektif.

Akhir kata yang ia sampaikan, adalah salam silaturahim bagi seluruh rekan-rekan di Caraka Mulia Seluruh Indonesia, rekan-rekan di industri Asuransi pada umumnya dan seluruh Masyarakat Indonesia, karena sebaik-baiknya seorang manusia adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi lainnya, oleh karena itu selain menyampaikan pesan untuk “Tetap Semangat, dan jangan lupa Bahagia!” ia juga membagikan Semboyan kerja nya yaitu :

  • Kerja Cerdas, maksudnya bekerja dengan menggunakan otak agar bisa berfikir kreatif dan inovatif dengan waktu yang efektif sehingga tujuan dapat tercapai dengan maksimal dan kita masih memiliki waktu atau energi untuk melakukan pekerjaan lain. Atau dengan kata lain, pandai melihat peluang, memperhitungkan resiko dan mencari solusi apabila terjadi masalah.

  • Kerja Ikhlas, maksudnya bekerja dengan hati dan niat yang tulus untuk ibadah sehingga ada pahala yang didapat dari Allah SWT.

  • Kerja Tuntas, maksudnya bekerja dengan semangat sampai dengan selesainya pekerjaan / tidak setengah-setengah sehingga betapapun beratnya pekerjaan yang ada dapat kita selesaikan dengan baik karena kita mengerjakannya dengan semangat.

Luar biasa ! Terima kasih Ibu Anita Nursanti, “Kartini” Caraka Mulia, yang telah memberikan inspirasi positif tidak hanya untuk para Wanita Indonesia, tapi juga secara universal, sesuai dengan pernyataan Ibu Kita Kartini yaitu :

 

Selamat Ibu Anita Nursanti ! dan Terima kasih atas inspirasi positif nya !

Share The Knowledge!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share